.
 

Sedang Online :

MAKNA KATA ISLAM

Terkadang kita hnya bisa mendengar tanpa tahu apa artinya apa itu Islam 
Kata Islam berasar dari bahasa arab  "aslama"ditinjau dari segi bahasa, Islam memiliki beberapa arti:

  1. Islam berarti taat/fatuh dan berserah diri kepada Allah SWT
  2. Islam berarti damai dan kasih sayang.maksudnya agama islam mengajarkan perdamaian dan kasih sayang bagi umat manusia tanpa memandang warna kulit,agama dan stats sosial, oleh karena Islam tidak membenarkan adanya penjajahan, dan sampai saat ini terbukti bahwa,jika umat islam mencapai jumlah mayoritas dalam suatu negara,maka umat lain yg minoritas dapat menikmati hidup damaidan sejahtera karena umat islam mengulurkan persahabatan dan memberikan kasih sayang. sebaliknya, yg sering terjadi,apabila umat islam menjadi bagian terkecil disuatu bangsa atau negara maka sering dijadikan bulan-bulanan.coontohnya tragedi yg pernah terjadi di india, pilipina (kaum islam moro ) dan Bosnia,yakni pembasmian umat islam oleh umat lain.
  3. Islam berarti selamat, maksudnya islam merupakan petunjuk untuk memperoleh keselatan hidup baik di dunia maupun akhirat kelak. itulah sebabnya salam islam adalah Assalamu'alaikum warahmatullahi wa barakatuh ( semoga Allah melimpahkan keselamatan dan kesejahteraan-NYA padamu ).



ditinjau dari segi pengertian istilah, menurut Drs.Humaidi Tatapangarsa dalam bukunya kuliah Aqidah lengkap Islam memiliki dua macam pengertian: pengertian khusus dan pengertian umum. islam menurut pengertian khusus adalah : Agama yg di ajarkan oleh nabi muhammad saw, menurut pengertian umum Islam adalah agama yg di ajarkan oleh semua Nabi dan Rasul Allah SWT dari Adam as,sampai Muhammad saw. akan tetapi yg dinamakan islam itu agama yg masih murni/asli sesuai yg diajarkan oleh nabi dan rosul,apabila ajaran tsb sudah berubah dari asli nya,seperti yg terjadi pada agama nasrani.kristen yg mlenceng dari ajaran nabi isa as, dan agama bangsa yahudi sekarang ini melenceng dari dari ajaran Nabi Musa as, tidak bisa lagi disebut agama islam.

petunjuk bahwa semua Nabi dan Rosul sebelum Nabi Muhammad saw,juga mengajarkan islam dapat ditemui dalam AL_Quran dan Injil markus, ayat ayat yg menyatakan hal tersebut dalam AL-Quran antara lain:

  1. Ali Imran,ayat 52:
maka tatkala isa mengetahui keingkaran mereka ( bani israil ), bertanyalah ia " siapakah yg nanti akan menjadi penolong-penolongku untuk (menegakan agama)Allah SWT ?" para Hawariyyin (sahabat2 yg setia kpd isa)menjawab: "kamilah penolong penolong (agama) Allah. kami beriman kepada Allah,dan saksikanlah bahwa sesungguhnya kami orang orang yg menyerahkan diri.

    2.    Ali Imran, ayat 67:
Ibrahim bukanlah seorang yahudi atau nasrani ia seorang yg lurus dan berserah diri kepada Allah serta bukan dari golongan orang orang musyrik

    3       Yunus ayat 84:
berkata Nabi Musa: "hai kaumku jika kalian beriman kepada Allah  dan benarbenar berserah diri, maka bertawakal-lah kepada-NYA saja.

Ayat-Ayat dalam Injil Markus

    1.   Markus Ayat 29:
maka jawab Yesus kepadanya:"Hukum yg terutama inilah, dengarlah olehmu hai Israil,adapun Allah Tuhan kita ialah Tuhan yang Esa 

    2    Markus Ayat 30:
maka hendaknya kau mengasihi Allah Tuhanmu dengan sebulat bulat hatimu,dengan segenap jiwamu, dengan sepenuh akal budimu, dan dengan segala kuatmu

BAGI SESEORANG YG MEMPROKLAMIRKAN DIRI SEBAGAI ISLAM, maka ia wajib mengamalkan rukun islam yg lima:
  1. mengikrarkan syahadat, kalimat yg harus di ikrarkan dengan lisan sekaligus diyakini dalam hati sebagai kesaksian dan pengakuan atas Tuhan Allah SWT yang maha esa, dan ke Rasulan Nabi Muhammad saw,
Kalimat syahadat terdiri dari dua bagian:
  • syahadat Tauhid, yaitu pengakuan atas keesaan Allah SWT                                                                   
syahadat Tauhid












       asyhadu an-laa ilaaha illallaah
 Artinya: Saya bersaksi bahwa tiada Ilah selain Allah



  • Syahadat Rasul, adalah pengakuan atas Nabi Muhammad sebagai Rasul atau utusan Allah SWT, 
Syahadat Rasul             






wa asyhadu anna muhammadan rasuulullaah 
Artinya: dan saya bersaksi bahwa Muhammad saw adalah Rasul / utusan Allah
       

        2.   Mendirikan shalat wajib yg lima waktu
        3.   Mewngeluarkan Zakat
        4.   Menunaikan Puasa
        5.   Melaksanakan Haji apa bila mampu.


Lanjut ke BAB Berikutnya.
Komentar via FB
0 Komentar via Blog

0 komentar:

Posting Komentar

 






Terima kasih atas kunjungan anda dan Jangan lupa berkunjung kembali ke http://sokide.tk