.
 

Sedang Online :

PENGERTIAN DASAR-DASAR IMAN

Setiap Umat Manusia dihadapkan pada seribu satu ragam persoalan, karena jalan kehidupan tidak selalu lurus dan datar peruntungan nya pun mustahil senantiasa berupa kemenangan dan kesenangan. Rkhmat dan Laknat, karunia dan bencana, tangis dan tawa selalu datang silih berganti,begitulah kodrat yg telah ditetapkan Allah SWT.

benarlah perumpamaan Imam Al-Ghazali bahwa hidup didunia ini bagai mengarungi lautan, sewaktu waktu dapat terombang ambingkan oleh badai gelombang, terhempas kesana kemari dalam pusaran ketidak pastianyg menakutkan, menghadapi arus kehidupan yg demikian, masing masing pastilah menyadari perlunya memiliki tiang pancang sebagai pegangan yg mapan, yakni " Iman " bagi kita kaum muslimin pokok pegangan dalam hidup dan kehidupan ini ialah kalimat thayibah : Laa ilaaha illallaah ( tiada tuhan selain Allah ). diterangkan dalam surat Ibrahim " Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Alloh telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit'(24)

" pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Alloh membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat" (25)

" dan perumpamaan kalimat yang buruk seperti pohon yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi; tidak dapat tetap (tegak) sedikitpun" (26)

" Alloh meneguhkan (iman) orang-orang yang beriman dengan ucapan yang teguh itu dalam kehidupan di dunia dan di akhirat; dan Alloh menyesatkan orang-orang yang zalim dan memperbuat apa yang Dia kehendaki" (27)


dari ayat tersebut, jelaslah bahwa kondisi dan pungsi orang beriman bagai pohon yg besar. yakni:
  1. Berdiri tegak dan kuat,tidak terombang ambing oleh angin. maksudnya tidak mudah terpengaruh situasi dan tidak plinplan .
  2. Menjadi tempat berteduh. maksudnya memberikan perlindungan kepada sesama manusia yg membutuhkannya.
  3. Buahnya bisa dinikmati oleh orang lain. maksudnya perilakunya selalu menyenangkan dan menguntungkan sesama manusia.
A. Rukun Iman
Apakah iman itu? Hadits Shahih yg diriwayatkan oleh Imam Muslim menerangkan " Iman itu adalah engkau percaya kepada Rukun iman yg enam:
  1. Allah SWT
  2. Malaikat-malaikat-Nya
  3. Kitab-kitab-Nya
  4. Rasul-Rasulnya
  5. Hari kemudian dan
  6. Takdir yang digariskan-Nya
ditegaskan dalam surat AN-Nisa ayat 136 " Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barang siapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya."
  1. Iman kepada Allah SWT . umat islam wajib mempercayai sepenuhnya tentang adanya Allah Swt,Tuhan yg maha esa pencipta dan penguasa tunggal alam semesta,pemilik segala keagungan dan kesempurnaan. apa bukti bahwa Tuhan itu Maha Esa untuk menjawab ini para ulama kalam mengetengahkandalil yg dinamai dalil " tolak belakang " dalam istilah aslinya disebut dalil " At-Tamanu " yakni apabila ada beberapa Tuhan ( andaikan saja ada duaTuhan ), pasti akan terjadi bentrokan antar keduanya. dan bisa dipastikan, masing masing tuhan ingin mengalahkan Tuhan yg lain.akibatnya, apabila Tuhan yg satu, misalnya, berkehendak menciptakan Alam semesta,sedangkan yg lain tidak,apa yg bakal terjadi? Bencana! Timbul pertanyaan : apakah tidak mungkin kedua Tuhan itu berdamai dan bekerja sama dalam mewujudkan Alam? pertanyaan tersebut dijawab oleh Maturidi, seseorang ulama Kalam terkenal,bahwa kalau diantara Tuhan-Tuhan itu terjadi perdamaian kemudian kerjasama mewujudkan alam hal itu menunjukan betapa lemah dan betapa bodohnya Tuhan Tuhan tersebut, berarti juga, mereka tidak berbeda dengan manusia yg saling kerja sama untuk mewujudkan sesuatu bangunan
  2. Iman Kepada Malaikat-Malaikat-Nya, Allah memiliki Makhluk ghaib yg selalu bersujud dan bertasbih kepada-Nya sepanjang waktu, tanpa mengenal lelah yakni para Malaikat Firman Allah Swt " Mereka ( para Malaikat  ) takut kepada Tuhan mereka yang berkuasa atas mereka dan melaksanakan apa yang diperintahkan.
  3. Iman Kepada Kitab  Allah SWT Allah SWT mewahyukan kepada ajaran-Nya kepada para Rasul melalui perantaraan Malaikat Jibrilyg terkenal dengan sebutan Ruhul Qudus.Wahyu dari Allah SWT kemudian dihimpun menjadi bentuh Suhuf ( kayak semacam brosur kecil ) Nabi yg mempunyai Suhuf antara lain Nabi Adam as dan syisst, sedangkan Nabi/Rasul yg mempunyai Kitab ialah :Nabi Musa as ( Nama Kitab nya TAURAT ), Nabi Daud as ( nama Kitab nya JABUR ) Nabi Isa as ( INJIL ) Nabi Muhammad saw ( Al-Qur'an ) sebagai orang beriman kepada Allah SWT wajib percaya kepada Kitab Kitab tersebut bahwa kitab itu himpuna Firman Allah SWT.
  4. Percaya Kepada Rasul-Rasul-Nya. untuk membimbing umat Manusia kedalam ajaran yg benar Allah SWT menetapkan manusia-manusia pilihan sebagai utusan-Nya, mereka adalah Nabi dan Rasul, firman Allah SWT " Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui." (  QS. Saba’ (34) : 28 )
  5.  Iman Kepada Hari Kiamat. kita haruslah percaya bahwa kehidupan didunia ini hanyalah sementara sedangkan kehidupan yg kekal adalah di alam akhirat kelak, sebagai tanda perpindahan dari alam dunia ke alam akhirat Allah menetapkan adanya hari Kiamat hari berakhirnya kehidupan didunia,kapan hari kiamat itu tiba? hanya Allah yg tauRasulullah sendiri hanya mengetahui tanda-tanda menjelang datang hari Kiamat.
  6. Iman kepada Qadha dan Qadar, kita wajib sepenuhnya bahwa dalam menciptakan umat manusia Allah SWT menetapkan sekaligus usia, rejeki dan jodoh buat manusia tersebut, " katakanlah ( hai Muhammad ) semua itu datangnya dari Allah SWT  " ( An-Nisa:78 ).

Komentar via FB
0 Komentar via Blog

0 komentar:

Posting Komentar

 






Terima kasih atas kunjungan anda dan Jangan lupa berkunjung kembali ke http://sokide.tk